mofotechblog.com

mofotechblog.com – Amerika Serikat baru-baru ini memutuskan untuk menunda pengiriman senjata ke Israel sejak pekan lalu, menjadi kali pertama AS mengambil langkah tersebut sejak agresi Israel terhadap Jalur Gaza Palestina pada 7 Oktober 2023. Langkah ini, dilaporkan oleh dua pejabat Israel kepada Axios, telah menimbulkan kecemasan di kalangan pejabat Israel.

Pada Jumat (3/5), sejumlah anggota DPR AS dari Partai Demokrat mendesak Presiden Biden untuk mempertimbangkan penghentian penjualan senjata ke Israel, kecuali Israel mengubah pendekatannya dalam konflik dengan Hamas di Jalur Gaza. Surat yang ditandatangani oleh 86 anggota Kongres AS dari Partai Demokrat telah dikirimkan ke Gedung Putih, menekankan perlunya sikap tegas dari AS terhadap Israel.

Meskipun belum ada tanggapan resmi dari pemerintah AS dan Israel mengenai laporan ini, keputusan AS untuk menunda pengiriman senjata muncul di tengah tekanan yang terus meningkat, baik dari dalam maupun luar negeri, terhadap dukungan AS terhadap Israel. Demonstrasi solidaritas dengan Palestina semakin meluas di kampus-kampus AS, mempengaruhi gerakan serupa di negara lain seperti Prancis.

Presiden Joe Biden sebelumnya telah meminta jaminan dari Israel bahwa penggunaan senjata yang disediakan oleh AS sesuai dengan hukum internasional. Selain itu, AS juga telah menentang rencana invasi darat Israel ke Rafah, Jalur Gaza, mencerminkan ketegangan dalam hubungan antara kedua negara tersebut.